Cara mencuci Sofa kain dengan mudah

Berikut adalah beberapa cara merawat sofa bahan kain atau katun yang mudah untuk dipraktekkan di rumah:


Menggunakan Pembersih Sofa

Banyak sekali pembersih khusus sofa kain yang banyak dijual di pasaran, tetapi Anda juga dapat memanfaatkan beberapa bahan lain yang ampuh untuk membersihkan sofa. Tetapi sebelum menggunakan bahan pembersih ini, sebaiknya lakukan pengujian terlebih dahulu pada bagian terkecil sofa. Berikut adalah beberapa bahan yang terbukti efektif sebagai cara membersihkan sofa sendiri di rumah:
" Baca juga artikel tentang : membersihkan sofa bahan oscar."

Detergen Cair


Salah satu bahan pembersih yang dapat digunakan untuk membersihkan sofa kain adalah detergen cair. Saat ini banyak sekali detergen cair yang beredar di pasaran dengan berbagai merek terkenal. Cara membersihkan sofa kain dengan detergen cair yaitu dengan mencampurkan detergen cair secukupnya dengan air hangat agar hasilnya lebih maksimal.

Cuka


Cuka merupakan salah satu bahan yang sangat efektif untuk menghilangkan noda pada permukaan sofa kain. Cara penggunaannya yaitu oleskan cuka secukupnya pada bagian permukaan sofa kain yang terdapat noda kemudian bersihkan dengan air sabun hingga bersih. Saat menggunakan cuka sebaiknya buka jendela ruangan lebar-lebar agar bau cuka tidak menyengat tajam.

Tisu Basah


Tisu basah merupakan pembersih sofa yang paling praktis dan permukaannya yang lembut tidak akan merusak permukaan sofa kain. Cara penggunaannya sangat mudah yaitu hanya dengan menyeka bagian permukaan sofa kain yang kotor dengan menggunakan tisu basah.
Membersihkan Sofa Dengan Benar
Cara membersihkan sofa yang benar dapat menjadikan sofa lebih bersih dan awet sehingga terlihat kembali baru. Berikut adalah cara membersihkan sofa kain yang kotor:
Menghilangkan Debu dan Kotoran
Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membersihkan sofa yaitu menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada permukaan sofa kain dengan menggunakan mesin penyedot debu yang bagian ujungnya memiliki bulu sikat yang halus, lap, atau kemoceng halus agar tidak merusak permukaan sofa kain.
" Baca juga artikel tentang : Cara membersihkan springbed kena ompol."

Menghilangkan Noda atau Kotoran Yang Menempel Pada Sofa Kain


Anda dapat membersihkan noda atau kotoran yang menempel pada sofa kain dengan menggunakan tisu basah yang telah dibasahi dengan cairan cuka untuk mengelapnya.
Membersihkan Seluruh Permukaan Sofa
Setelah noda dihilangkan maka selanjutnya adalah membersihkan seluruh permukaan sofa kain dengan menggunakan detergen. Caranya yaitu dengan menyeka permukaan sofa dengan menggunakan kain lap yang telah dibasahi detergen, kemudian diamkan beberapa menit agar detergen bekerja maksimal.

Mengeringkan Sofa Kain


Cara membersihkan sofa bahan katun pada langkah terakhir yaitu proses pengeringan sofa kain. Anda dapat menggunakan alat pengering rambut untuk mempercepat proses pengeringan sofa kain tetapi mengeringkan sofa kain secara alami lebih dianjurkan yaitu cukup dengan mengangin-anginkannya di ruang terbuka.

Membersihkan Noda Secepat Mungkin


Sofa sering kali mengalami tumpahan cairan seperti minuman, makanan, atau tinta yang dapat menyebabkan bekas noda. Jika hal ini terjadi maka sesegera mungkin bersihkan noda tersebut dengan kain lap agar noda tidak menyebar dan tidak mengering. Noda yang telah lama menempel dan tidak segera dibersihkan akan meninggalkan bekas noda yang sulit untuk dihilangkan.


Keringkan Secara Alami


Pada proses pengeringan sofa kain maka sebaiknya keringkan secara alami seperti menjemurnya langsung dibawah panas matahari tapi jangan terlalu lama karena dapat memudarkan warna sofa kain atau cukup dengan mengangin-anginkannya saja ditempat terbuka dan sejuk untuk mengeringkannya.
Membersihkan Sofa Minimal Seminggu Sekali
Sofa kain yang sering dibersihkan akan lebih bersih dan nyaman digunakan, sebaiknya bersihkan sofa kain minimal seminggu sekali agar lebih bersih dan awet. Saat membersihkan sofa perhatikan bagian jahitan dan lekukan sofa karena pada bagian banyak terdapat debu yang menempel.

Lepas Bagian Sarung Sofa


Jika sofa Anda memiliki bagian sarung sofa yang mudah untuk dilepas maka sebaiknya lepaskan sarung sofa tersebut saat mencucinya agar lebih mudah dibersihkan dan pasangkan kembali pada dalam keadaan sedikit lembab agar mudah kembali ke bentuk semula.
Demikian informasi seputar cara merawat kursi sofa bahan kain atau katun yang tepat dan mudah untuk dipraktekkan dirumah.

No comments:

Post a Comment

Pascabanjir di Jakarta, Jasa Cuci Kursi panjang dan Kasur Ini Paling Banyak Dapat Pesanan dari Warga Jakbar

Salah satu penyedia jasa sikat Sofa karpet, springbed, dan gorden yakni www.freshsofa.com mengaku kebanjiran orderan pascabanjir melanda wil...